BLOGGER TEMPLATES AND Blogger Templates »

Laman

Senin, 02 April 2012

Bab 2 Perangkat Jaringan dan Koneksi Internet

1. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang di hubung-hubungkan dengan menggunakan protocol Transmission Control Prototcol (TCP/IP).
2. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai 10 km.
3.Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, jarak maksimum nya adalah 80 km.
4.Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network) merupakan jaringan yang mempunyai jangkauan area yang sangat luas, misalnya antarpulau, negara, benua, dan bahkan ke luar angkasa.
5. Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau di rumah, yang di sering disebut dial up connection.
6. Modem (Modulator Demodulator) adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data. Modem terdapat dua jenis yaitu modem eksternal dan modem internal.
7. Hubungan leased line adalah jalur (telepon) yang digantikan fungsinya menjadi jalur internet. Pada jenis hubungan ini diperlukan perangkat lain dinamakan router, yang diartikan jenis khusus dari komputer yang secara dasar mempunyai komponen yang sama dengan komputer.
8. Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line, perbedaan nya terletak pada media yang digunakan.
9. Hubungan VSAT (Very Small Aperture Terminal) memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui data. Jangkauan ini sangat luas karena gelombang dikirimkan terlebih ke satelit di ruang angkasa, kemudian dikirim lagi ke bumi.
10. Macam-macam topologi :
      - Topologi Bus,skemanya sebagai berikut :


 
- Topologi Bintang (star), skemanya sebagai berikut :


- Topologi Cincin (Ring), skemanya sebagai berikut :



- Topologi Mesh, skemanya sebagai berikut :





- Topologi Pohon (Tree), skemanya sebagai berikut :

0 komentar: